Skip to content

Gambaran Kehidupan Alam Surga

22 Oktober 2011

KM. RasanaE Timur – Inilah negeri orang-orang yang dianugerahi kenikmatan dari kalangan para nabi, shiddiq, para syahid dan orang-orang sholih, negeri yang mengalir dibawahnya sungai-sungai, negeri yanhg istana-istananya berbaru-bata emas, berbatu-bata perak, berplester kasturi wangi, berlahan subur mutiara dan yaqut. Tanahnya berasal dari za’faran dan kemahnya berasal dari mutiara berlubang.

Demi Allah SWT, ia adalah negeri yang berkilau kemilau dan berbau semerbak dengan sungai yang terus mengalir dan buah-buahan bersusun hijau serta istri-istri nan cantik jelita. Disana ada pohon sidir yang tidak berduri, buah pisang yang bersusun-susun, pohon rindang membentang dan air yang tertuangkan.

Disana mereka makan dan bersenang-senang, tidak pernah buang air, hanya mengeluarkan bau kesturi, disana mereka tertawa dan tidak pernah menagis, disana mereka menetap dan tidak pernah berpindah, disana mereka hidup dan tidak pernah mati. Disana terdapat kesenangan abadi, segala sesuatu yang indah dan merekapun melihat wajah Allah SWT Yang Maha Mulia lagi Maha Pemberi.

Disanalah wahai hamba Allah SWT terdapat sesuatu yang tidak pernah dilihat oleh mata, tidak pernah terdengar oleh telinga dan tidak pernah terbentik dalam hati manusia.

Agar kita rindu kepada surga, marilah kita menelusuri berbagai kenikmatan dan kesenangannya. Diantaranya sebagai berikut :

1. Bidadari Surga, Pesona dan Kecantikannya.

Mereka adalah bidadari yang sangat cantik jelita. Keelokan dan kecantikanmereka mencapai kesempurnaan, tidak ada kekurangan dan kecacatan sedikitpun, hingga mata tak akan berpaling dari memandang mereka.

Kulit mereka sangat halus dan jernih, hingga sumsum tulang betis mereka bisa terlihat dari balik dagingnya. Oleh karena itu, tubuh mereka laksana permata yaqut dan marjan.

Mereka memiliki mata yang begitu indah dan menawan. Mereka bermata jeli laksana mutiara yang tersimpan baik.

Mereka adalah gadis-gadis yang muda belia yang tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka dan tidak pula oleh bangsa jin.

Mereka senantiasa dalam keadaan suci dari haidh dan nifas, dari air seni dan kotoran.

Aroma mereka adalah aroma harum minyak kesturi. Sungguh sangat menakjubkan bahwa semerbak aroma wanginya mampu memenuhi sepenuh bumi.

2. Bangunan Surga.

Allah SWT menjanjikan kepada orang-orang beriman, lelaki dan perempuan akan mendapatkan tempat-tempat yang bagus di surga kelak.

Banguna surga begitu indah dan menawan. Tak ada bangunan satupun di dunia ini yang menadinginya dan mengunggulinya. Bangunannya terbuat dari emas dan perak, adukannya beraroma kesturi yang sangat harum, kerikilnya terbuat dari mutiara lu’lu dan yaqut serta tanahnya terbuat dari za’faran, seperti tepung putih yang beraroma kesturi.

Abu Huroiroh menceritakan bahwa para shabat bertanya kepada Rasulullah,”Wahai Rasulullah, bagaimana banguna surga itu?” Beliau menjawab, ”Batu batanya terbuat dari perak dan emas, tanah untuk melepanya adalah minyak kesturi yang sangat harum baunya, kerikilnya adalah mutiara dan yaqut (batu permata berwarna biru atau hijau), bedunya adalah za’faran. Barang siapa yang memasukinya, niscaya akan merasakan kenikmatan dan tidak akan pernah kesusahan, ia akan hidup kekal dn tidak akan mati, pakaina mereka tidak akan usang dan mereka akan merasakan masa muda selamanya.” (HR. Ahmad dan at-Tarmidzi)

3. Makanan dan Minuman Surga.

Kepada penduduk surga akan dihidangkan makanan dan minuman lezat yang sangat mengundang selera, apapun yang mereka inginkan pasti mereka dapatkan.

Makanan dan minuman yang telah dicerna oleh penduduk surga tidak menghasilkan buang air kecil atau air besar sebagaimana saat di dunia, akan tetapi menghasilkan sendawa dan tetesan keringan yang beraroma minyak kesturi. Sebab surga adalah tempat yang bebas dari kotoran dan najis.

4. Buah-buahan Surga.

Penghuni surga dimudahkan untuk memetik buah dengan semudah-mudahnya. Tidak perlu pergi ke kebun untuk memetiknya dan tidak pula bersusah payah pergi ke pasar untuk membelinya. Di antara nikmat Allah SWT yang dilimpahkan kepada mereka adalah buah-buah itu dapat dipetik dari jarak dekat dan beraneka ragam warna, bentuk, rasa dan ukurannya yang tak pernah habis dan berhenti.

Ibnu Abbas berkata, ”Apabila penghuni surga tertarik untuk memetik buah-buahan surga, maka buah-buahan itu mendekat kepadanya hingga ia dapat mengambil mana yang ia sukai.” Ia juga berkata, ”Buah-buahan di surga seperti anggur, ia lebih putih dari susu, lebih manis dari madu, lebih lembut dari tepung dan didalamnya tidak ada biji. Adapun tanaman di surga, setelah benihnya disebar, maka tumbuh dalam sekejap dan siap panen saat itu juga.” (HR. Al-Bukhori)

Di antara nama buah yang disebut di Al-Qur’an adalah delima dan anggur.

5. Tingkatan-tingkatan Surga

Kelak di surga kedudukan orang-orang yang beriman bertingkat-tingkat sesuai dengan amal dengan kadar amal sholih yang mereka kerjakan di dunia. Barang siapa yang senantiasa bersegera dalam beramal kebajikan, niscaya akan memperoleh kedudukan surga yang tinggi lagi mulia.

Allah SWT berfirman, ”(Kedudukan) mereka itu bertingkat-tingkat di sisi Allah, dan Allah Maha melihat apa yang mereka kerjakan.” (QS. Ali-Imran [3] : 163)

(Sumber : Ensiklopedia Akhirat – LBKI)

From → Al-Islam

Komentar ditutup.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.