Skip to content

Kandungan Zat Kimia Berbahaya Pada Rokok

12 Desember 2012

racun-dalam-rokokKM. RasanaE Timur – Rokok merupakan suatu barang legal yang paling banyak digemari oleh kalangan remaja maupun lansia, namun tidak jarang anak-anak dibawah umurpun telah mengenal sebatang rokok untuk dihisap dan dinikmati tanpa sadar akibat dari bahaya menghisap sebatang lintingan tembakau yang bernama rokok tersebut.

Negara kita sendiri merupakan salah satu penghasil rokok terbesar di dunia. Jumlah pabrik rokok di Indonesia adalah terbanyak di dunia (sumber : Kompas ). Bahaya yang ditimbulkan dari menghisap rokok bukan hanya berlaku bagi pecandu rokok saja, akan tetapi bagi perokok pasif juga mendapatkan dampak negatif dari perokok aktif yang tentunya lebih besar lagi dampaknya.

Dari satu batang rokok mengandung berbagai macam zat kimia yang berbahaya. Resep sebatang rokok sulit diketahui dan menjadi rahasia dapur dari perusahaan rokok. Jika diteliti, apa saja kandungan utama sebatang rokok? Berikut ini beberapa kandungan dan zat kimia berbahaya dalam sebatang rokok.

1. Sodium Hidroksida

Yang pernah menggunakan penghilang bulu ketek atau kaki yang murahan niscaya didera panas dan perih. Dalam obat itu terkandung Sodium Hidroksida. Zat ini tertanam pula pada rokok.

2. Asam Asetik

Pembersih lantai mengandung Asam Asetik. Rokok juga tak mau kalah.

3. Formalin

Bahan ini bisa digunakan untuk mengawetkan kodok, kupu-kupu, berjenis-jenis serangga, hingga jenazah. Formalin ada dalam rokok.

4. Naptalin

Bola-bola pewangi pakaian mengandung zat beracun Naptalin. Rokok juga.

5. Asetanisol

Parfum mengandung zat kimia Asetanisol. Dimana lagi zat itu ada? Ya, dalam rokok.

6. Geraniol

Geraniol adalah zat aktif dalam pestisida. Zat mematikan ini juga ada dalam rokok.

7. Hydrogen Sianida

Racun tikus dapat membunuh karena ada kandungan Hydrogen Sianida. Rokok mengadung bahan ini juga.

8. Hidrasin

Persamaan pesawat bermesin roket dan rokok adalah sama-sama mengandung Hidrasin. Pada roket, Hidrasin terkandung dalam bahan bakarnya.

9. Toluene

Bensin bermanfaat untuk menjalankan mobil. Manusia tidak minum bensin. Sebab bensin jelas beracun. Salah satu zatnya bernama Toluene yang juga terdapat pada dinamit dan rokok.

10. Aseton

Aseton kita kenal sebagai cairan penghilang kuteks, zat kimia berbahaya ini terdapat juga pada rokok.

11. Kadmium

Baterai berguna untuk menjalankan berbagai jenis mainan. Tapi anda bisa bisa bergerak tanpa baterai. Kadmium adalah zat beracun yang terdapat pada baterai, juga bersemayam di rokok.

12. Cinnamaldehyde

Mengapa anjing dan kucing tidak merokok? Sebab rokok mengandung Cinnamaldehyde, bahan yang ada diracun anjing adan tikus.

13. Methanol

Methanol, zat yang bisa digunakan sebagai bahan bakar, terdapat pada rokok.

14. Urea

Urea zat yang terdap[at dalam air seni yang berguna untuk tinta, cat, pupuk dan banyak lagi. Urea juga terdapat pada rokok.

15. Polonium-210

Seorang bekas mata-mata rusia membunuh dengan cara langka yaitu menggunakan isotop radioaktif Polonium-210 . Zat ini juga terdapt pada rokok.

From → Kesehatan

Komentar ditutup.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.